Skip to main content

raja-pedang-37-kho-ping-hoo

"Cukup! Di sana ada Bwee-moi yang mengharapkanmu, kau malah mengganggu orang yang menjadi cahaya harapanku. Pendeknya, aku melarang kau mendekati Kwa Hong"



 



"Eh-eh-eh, enaknya bicara! Kalau aku 'tetap mendekatinya, kau mau apa?"



 



Thio Ki mencabut pedangnya. "Ter-paksa aku melupakan persaudaraan!"



 



"Bagus! Orang she Thio, kaukira aku takut padamu?" Kui Lok juga sudah mencabut pedang dengan tangan kirinya. Dua orang muda ifu sudah saling berhadapan dengan pedang terhunus, siap untuk sa-ling serbu, saling tikam dan saling bunuh. Beginilah orang-orang muda kalau .udah dimabuk cinta. Lupa persaudaraan, lupa kewaspadaan dan tak tahu malu. Ya, tak tahu malu. Bukankah terang-terangan Kwa Hong menyatakan bahwa gadis ini tidak memilih seorang di antara mereka? Namun, tetap saja mereka memperebut-kannya dengan persiapan mengorbankan nyawa.



 



"Bagus...... bagus..... Saudara Thio Ki dan Kui Lok, lekaslah kalian bertari pedang biarkan aku menontonnya, tentu indah dilihat'" Beng San muncul dari balik sebatang- pohon sambil bertepuk tangan dan tertawa-tawa.



 



Kui Lok dan Thio Ki yang tadinya sudah tegang dan siap untuk saling se-rang, menjadi kaget dan menengok. Me-reka melihat seorang pemuda tampan berpakaian sutera biru seperti s» orang pemuda pelajar. Tentu saja mereka tidak mengenal Beng San yang dulu mereka kenal sebagai seorang anak yang ber-pakaian seperti lembeL Namun karena mereka ini memang jago-jago muda Hoa-san-pai yang berwatak angkuh dan me-rasa diri sendiri paling gagah dan paling lihai, mereka segera merasa tak senang dengan datangnya seorang asing ini.



 



"Kau siapa? Mau apa lancang masuk ke sini?" tanya Thio Ki mengerutkan keningnya. juga Kui Lok memandang tajam dengan mata dipelototkan untuk memperlihatkan ketidaksenangan hatinya.



 



Beng San tertawa, wajahnya berseri-seri. "Saudara-saudara Thio dan Kui agak-nya sudah lupa lagi kepadaku. Padahal belum ada sepuluh tahun kita berpisah. ' Aku Beng San."



 



Thio Ki dan Kui Lok saling pandang, untuk detik itu lenyap permusuhan di antara mereka. Terang bahwa mereka heran melihat Beng San yang sekarang sudah berubah menjadi seorang pemuda yang bertubuh tegap dan berwajah tampan.



 



"Uuuhhhhh...... Beng San.....?" Thio Ki berkata dengan suara menghina.



 



"Hemmm, kau di sini? Mau apa kau ke sini? Kau mengintai kami, ya?" kata Kui Lok, mengancam.



 



"Ah, tidak. Aku datang dan melihat kalian hendak bermain pedang, sungguh aku ingin melihatnya. Dahulu pun kalian amat pandai, apalagi sekarang, tentu indah permainan pedang kalian."



 



Kembali Kui Lok dan Thio Ki saling pandang dan keduanya menjadi curiga. Tentu Beng San sudah mendengar per-tengkaran mereka tadi!



 



"Kau tadi sudah lama mengintai kai-* | mi? Mendengar apa yang kami bicar^» •| kan?" Thio Ki menuntut.



 



Beng San tersenyum. "Tidak tahu» I agaknya kalian bicara tentang angin atau burung." la sengaja mengatakan demi-kian tanpa menyinggung nama Kwa Hong, sedangkan kata-kata Hong dapat diartikan angin atau juga nama burung hong!



 



Thio Ki yang keras hati itu timbul keangkuhannya. "Beng San, kau kurang ajar sekali. Orang macam kau ini meng-apa berani muncul di sini tanpa ijin? Kau patut dipukun".



 



"Benar, Suheng. Kita pukul saja jembel ini biar minggat dari sini!" kata Kui lok yang teringat betapa dahulu bersama .Thio Ki dia pernah memukuli Beng San. ^Dua orang pemuda itu melangkah maju dan tangan mereka melayang untuk me-nampar pipi dan memukul pundak. Beta-papun juga, sebagai jago-jago muda dari Hoa-san mereka tidak sudi membunuh orang yang lemah, hanya memukul untuk memberi hajaran saja dan untuk meng-usir Beng San.



 



"Eh, eh, eh..... kenapa main pukul? Aku tidak bersalah apa-apa....." Beng San terhyyung-huyung ke belakang setelah terkena gamparan dan pukulan. Tentu saja serangan-serangan yang dilakukan tidak untuk membunuhnya ini sama se-kali tidak dia rasakan, akan tetapi dia pura-pura kesakitan dan terhuyung-huyung ke belakang.



 



Thio Ki dan Kui Lok tidak peduli, mendesak terus hendak memukuli Beng San sampai pemuda itu melarikan diri. Beng San pura-pura mengangkat kedua tangan melindungi kepala dan mukanya sambil berteriak-teriak, ”Jangan pukul...... jangan pukul!"



 



"Ki-ko dan Lok-ko, siapa yang kaJian pukuli itu?" Tiba-tiba Kwa Hong sudah berdiri di situ. Wajah dara ini agak pu-cat, apalagi ketika ia melihat bahwa di tangan Thio Ki dan Kui Lok masih memegang pedang terhunus. Memang ketika memukuli Beng San, Kui Lok masih me-megang pedang dengan tangan kirinya sedangkan tangan kanan Thio Ki juga masih memegang pedang. Kedatangan Kwa Hong itu sebetulnya karena ia me-rasa amat gelisah, takut kalau-kalau dua orang pemuda itu mengadu nyawa, maka melihat mereka memegang pedang, ia menjadi khawatir sekali. Hanya ia merasa terheran-heran mengapa dua orang pemuda itu malah memukuli seorang pemuda yang kelihatan lemah dan tidak pandai ilmu silat.



Thio Ki dan Kui Lok dengan muka merah karena jengah lalu meloncat mundur. Setelah dua orang pemuda yang keranjingan itu mundur, baru Beng San berani menurunkan kedua tangan dari mukanya. la memandang Kwa Hong, sebaliknya gadis itu memandang kepadanya. Dua pasang mata bertemu, dari fihak Beng San penuh kekaguman. Sekarang dia dapat melihat jelas keadaan Kwa Hong. Benar-benar melebihi yang sering kali dia bayangkan. Cantik molek dan gagah perkasa. Sepasang mata yang melebihi be-ningnya daripada mata ikan emas, ram-teut yang hitam mengkilap, alis yang panjang kecil dan hitam sekali di atas kulit muka yang putih kemerahan, hidung yang kecil, mulut yang manis, ah ... bukan main, sekarang Kwa Hong si kuntilanak itu telah berubah menjadi seorang dara yang jelita. Di fihak Kwa Hong, sinar mata gadis ini perlahan-lahan berseri-seri, mulutnya tersenyum lucu ketika ia mengenal Beng San, lalu terbukalah bibirnya berkata setengah tertawa.



 



"Kau..... kau..... eh, si bunglon.....!"



 



Beng San cemberut. "Benar," katanya dingin, "dan kau si kuntilanak masih tetap galak...."



 



Thio Ki dan Kui Lok melangkah maju, hendak memukul lagi. Akan tetapi Kwa Hong yang sudah maklum akan maksud mereka, segera mendahului.



 



"Aha, Beng San. Benar-benar kaukah ini? Eh, Ki-ko dan Lok-ko, apakah kalic»n lupa? Dia ini Beng San. Hi-hi-hi, benar Beng San.....!" Serta-merta Kwa Hong melangkah maju dan memegang tangan Beng San, mengamat-amati wajah pemuda itu yang seketika menjadi agak kemerahan.



 



"Hi-hi-hi, kau Beng San yang bisa berubah-ubah mukamu. Benar, kau sudah menjadi..... orang sekarang. Ah, hampir aku pangling kalau tidak melihat mata-mu. Kau dari mana? Hendak ke mana? Ada keperluan apa datang ke sini?"



 



Bingung juga Beng San dihujani petanyaan dari mulut yang manis itu.



 



"Aku..... aku sengaja datang, men-dengar bahwa Hoa-san-pai hendak meng-adakan perayaan seratus tahun. Aku da-tang sampai ke sini, melihat dua saudara Thio dan Kui bertari pedang. Mereka s agaknya tidak mengenalku, dan menyang-ka aku orang jahat maka aku hendak dipukuli. Baiknya kau keburu datang...... eh, Nona Hong.......”.



 



 



 



Kwa Hong tertawa. Lega bahwa dua orang suhengnya itu tidak jadi mengadu nyawa. la seorang yang cerdik sekali. Tentu dua orang itu tadinya memang sudah hendak bertempur, buktinya sudah mencabut pedang. Kalau hanya meng-hadapi seorang lemah seperti Beng San, tak mungkin dua jago muda itu meng-hunus pedang. Tentu selagi mereka hen-dak bertempur, tiba-tiba datang Beng San, membuat mereka marah dan me-mukulinya.



 



"Bagus sekali kau datang, Beng San. Apa kau sudah bertemu dengan ayah? Dengan sukong? Mereka tentu terheran-heran melihat 4


 



"Ki-ko dan Lok-ko, masa kaJjan tidak mengenalnya" Lihat itu .sepasang matanya, mana ada orang lain bermata seperti dia? Semestinya kalian mengenatnya dan tidak memukulinya. Dia jauh-jauh sudah datang untuk menghadiri perayaan, menjadi seorang tamu, masa harus di-pukuli? Kalian benar-benar sembrono sekali, kalau terdengar ayah atau sukong bukankah mendapat marah?"



 



Tiba-tiba ia berhenti bicara karena mendengar suara kaki mendatangi, dan tak lama kemudian muncullah Thio Bwee, Kwa Tin Siong, dan Liem Sian Hwa. Mereka bertiga ini baru saja kembali dari tempat di mana mereka bertemu dengan Giam Kin. Karena baru saja ada seorang pemuda membuat onar, kini me-lihat bahwa tiga orang anak murid Hoa-san-pai berdiri berhadapan dengan se-orang pemuda asing lagi, segera Kwa Tiri Siong menjadi curiga dan cepat meng-hampiri sambil memandang tajam.



 



"Siapakah saudara muda yang asing ini?" tanyanya.



 



Kwa Hong lari menghampiri ayahnya memegang tangan ayahnya dengan sikap manja. "Ki-ko dan Lok-ko, jangan beri tahu ayah dulu! Ayah, coba lihat baik-baik, dan Bibi juga. Kau putt' lihatlah baik-baik Enci Bwee, perhatikan dia dan coba katakan, siapa dia ini?"



 



Kwa Tin Siong dan Liem Sian Hwa memandang penuh perhatian, akan tetapi ' dua orang dari Hoa-san Sie-eng ini tidak dapat mengenal pemuda tampan berbadan tegap yang berpakaian seperti seorang pelajar itu. Terlalu banyak persoalan dan urusan yang meruwetkan pikiran mem-buat mereka sama sekali tidak dapat ingat lagt kepada Beng San. Akan tetapi tidak demikian dengan Thio Bwee. Se-perti juga Kwa Hong, gadis ini pernah ditolong oleh Beng San, biarpun ia tak pernah mengenangkan Beng San, namun kiranya wajah pemuda ini tak dapat ia lupakan begitu saja.



 



"Bukankah kau..... saudara Beng SIM|*..M?" tanyanya penuh ragu karena biarpun ia masih mengenal pemuda yang bermata tajam aneh ini, namun ia tetap ragu-ragu melihat pemuda ini seperti seorang terpelajar. la tidak ingat bahwa Beng San yang dulu, yang berpakaian buruk itu, memang semenjak kecil adalah seorang yang pandai baca tulis, jauh lebih pandai daripada dia sendiri mau pun para murid Hoa-san-pai yang lain. Karena itulah sukongnya, Lian Bu Tojin, sayang kepada Beng San dan dijadikan kacungnya dan diberi pelajaran tentang kebatinan To.



 



Kwa Hong tertawa. "Enci Bwee masih ingat." la memuji dan Beng San juga tersenyum sambil menjura kepada Thio Bwee sebagai penghormatan.



 



"Ah, benar..... kau Beng San.....!" Kwa Tin Siong juga teringat sekarang setelah mendengar kata-kata Thio Bwee, juga Liem Sian Hwa teringat dan memandang kagum ketika Beng San menjura untuk memberi hormat kepada mereka.



 



Kwa Tin Siong teringat akan peristiwa dahulu, ketika kedua orang saudara Bun dari Kun-lun-pai tewas di Hoa-san-pai dan bagaimana sikap Beng San yang membela fihak Kun-lun. Biarpun ucapan bocah ini dahulu ternyata cocok dengan keadaannya, yakni bahwa Ngo-lian-kauw yang melakukan fitnah sehingga dua par-tai besar itu bermusuhan, namun sikap bocah Mu dahulu sudah rriencurigakan. Mengapa membela Kun-lun-pai sedangkan bocah itu mondok di Hoa-san?



 



"Beng San, kau dulu yang sudah me-ninggalkan kami, sekarang kau datang ke sini dengan maksud apakah?" tanya Kwa Tin Siong, suaranya membayangkan ke-curigaan. Kwa Hong memandang ayahnya dengan kening berkerut dan ia menoleh ke arah Beng San, pandang matanya penuh kekhawatiran. Akan tetapi pemuda itu tersenyum kepadanya penuh arti, minta supaya dara itu jangan khawatir. Kemudian dia menjura kepada Kwa Tin Siong dan berkata.



 



"Kwa-enghiong, mohon maafsebanyak-nya kalau kedatangan saya ini merupakan gangguan terhadap Lo-enghiong sekalian. Sesungguhnya kedatangan saya ke Hoa-san ini mempunyai dua maksud. Pertama, karena saya merasa rindu kepada Lian Bu totiang dan Lo-enghiong sekalian, kedua kalinya, karena dalam perjalanan saya mendengar bahwa sebentar lagi Hoa-san-pai hendak merayakan ulang tahun, maka saya sengaja datang hendak memberi selamat dan menonton keramaian. Betapapun juga, saya masih belurrt lupa akan kebaikan budi Lian Bu totiang sekalian yang dulu sudah sudi menerima saya menjadi kacung di sini."



 



Ucapan ini terang sekali amat merendahkan diri, dua orang pemuda Hoa-san-pai mendengarkan sambil bersikap angkuh. Hanya bekas kacung, perlu apa diladeni? Kwa Tin Siong dan Lienn Sian Hwa mendengarkan dengan hati senang menyaksikan sikap yang amat sopar san-tun dari Beng San, sedangkan Thio Bwee dan Kwa Hong memandang dengan mata berseri. Dua orang dara ini mana bisa melupakan ketika Beng San memdnggul mereka seorang satu di kedua pundak ketika menyeberangi rawa-rawa? Dan sekarang Beng San telah menjadi seorang pemuda yang tampan dan tegap, bahkan bagi Kwa Hong, di dalam lubuk hati kecilnya ia mengakui bahwa dibandingkan dengan dua orang suhengnya, dalam hal ketampanan Beng San jauh lebih menang! Di dalam pergaulannya dahulu dengan Beng San, ia memandang Beng San sebagai seorang anak perempuan nakal memandang seorang bocah laki-laki yang dianggapnya nakal pula. Akan tetapi sekarang, pandang matanya adalah pan-dang mata seorang dara remaja terhadap seorang jejaka. Tentu jauh berbeda.



 



"Bagus kalau kau masih ingat kepada kami, Beng San. Tapi kedatanganmu agak terlampau pagi. Perayaan baru diadakan sepekan kemudian. Biarlah sementara itu kau berada di sini. Mari kubawa kau pergi menghadap suhu."



 



Beramai-ramai mereka semua kembali ke puncak. Hanya Thio Ki dan Kui Lok yang merasa tidak puas. Pertama karena urusan .di antara mereka belum juga di-selesaikan, kedua kalinya mereka merasa iri hati dan cemburu menyaksikan Beng San anak jembel itu sebagai tamu, apa-lagi melihat sikap Kwa Hong yang ter-senyum-senyum dan manis terhadap Beng San.



 



Beng San dengan hati terharu melihat bahwa Lian Bu Tojin, kakek tua ketua Hoa-san-pai yang baik hati itu sekarang kelihatan amat tua, mukanya berkerut-kerut tanda bahwa di hari tuanya kakek ini menderita tekanan batin yang hebat. Beng San dapat menduga bahwa yang menyebabkan ini semua tentulah per-tentangan dengan Kun-lun-pai itu. la cepat menjatuhkan diri berlutut memberi hormat.



 



"Totiang yang mulia, teecu Beng San datang menghadap dan memberi hormat, semoga Totiang selalu bahagia dan panjang usia."



 



Lian Bu Tojin, ketua Hoa-san-pai, kelihatan lebih tinggi dan lebih kurus daripada delapan tahun yang lalu, tong-kat bambu yang butut selalu masih di-pegangnya dan tangan kirinya mengelus-elus jenggotnya yang panjang dan yang sekarang sudah hampir putih semua. la mengangguk-angguk dan tersenyum tenang.



 



"Ah, Beng San, kau mengingatkan pinto akan kejadian dahulu." la menarik napas panjang. "Ternyata kau lebih was-pada daripada pinto. Kalau saja pinto dahulu mendengarkan omonganmu ketika kau masih kecil..... ah, kau benar, memang Hoa-san-pai telah menjadi kotor, menanam permusuhan. Baiknya kau pergi dari sini, kalau tidak, kiranya kau pun akan terseret." Tosu itu menarik napas . berulang-ulang dan nampaknya berduka. Beng San merasa kasihan sekali.



 



"Totiang, tidak baik dalam usia tua bersedih! Teecu teringat akan ujar-ujar dalam To-tik-king yang berbunyi:



 



”Aku menderita karena mempunyai diri, Andaikan tak mempunyai diri, penderitaan apa dapat kualami?"



 



Tosu tua itii tertawa. Bagus! Kalimat dalam ujar-ujar nomor tiga belas! Memang demikianlah, Beng San. Malapetaka menimpa manusia hanya semata-mata karena manusia selalu mementingkan diri sendiri. Karena manusia mementingkan diri pribadi maka selalu hendak menang, selalu hendak senang sendiri, enak sendiri tanpa mempedulikan keadaan lain orang. Ingatkah kau akan beberapa kalimat dalam ujar-ujar nomor dua puluh tiga?"



 



Beng San berpikir dan menghubungkan kalimat-kalimat dalam ujar-ujar yang sudah dihafalnya baik-baik itu dengan keadaan yang dihadapi oleh tosu in. la lalu menjawab, "Apakah yang Touang maksudkan itu kalimat yang berbunyi:



 



Angin keras takkan berlangsung sepenuh pagi,



hujan lebat takkan berlangsung sepenuh hari.



Siapakah penyebab ini selatedar»-pada langit dan bumi?



Kalau langitdan bumi pun tidak dapat berbuat tanpa henti,



apalagi seorang manusia?"



 



"Ha-ha-ha, bagus sekali, Beng San Ah, memang kau lebih benar. Seribu kali lebih baik mempelajari filsafat dan mengerti, sadar, dan menuruti inti sannya disesuaikan dalam hidup, daripada mem-pelajari segala macam ilmu kasar seperti ilmu silat yang hanya mendatangkan malapetaka dan permusuhan belaka..... Kembali dia menarik napas panjang. Kemudian wajahnya berseri lagi ketika dia bertanya, "Bagaimana, anak yang baik, bagaimana kabarnya dengan Lo-tong Souw Lee? Apakah jago tua yang sakti itu pun masih kuat menentang kehendak alam?"



 



"Tidak ada kekekalan di dunia ini, Totiang. Lo-tong Souw Lee sudah kembali ke tempat asalnya, beberapa bulan yang lalu."



 



"Aaahhh, ke sanalah jua tujuan akhir dari hidup. Siapa kuat melawannya? Baik dia raja maupun jembel, semua akan berakbir sama. Bertentangan? Bertenipuran mati-matian? Yang kalah akan mati, apakah kiranya yang menang akhirnya takkan mati juga? Menang kalah hanya-. lah soal sementara, kalau sudah seperti Lo-tong Souw Lee, mana letak kemenang-an dan kekalahan? Aaahhh, kalaii manu-sia ingat akan hal ini....."



 



Beng San merasa betapa kata4


 



"Kedatanganmu ini apakah hanya 'in-tuk menengok kami?" tiba-tiba kakek itu bertanya setelah sadar daripada lamunannya.



 



"Teecu mendengar berita bahwa Hoa,-san-pai hendak merayakan ulang tahun yang ke seratus, maka teecu sengaja da-tang untuk memberi selamat dan jmga menonton keramaian."



 



"Tidak diperingati berarti tidak meng-hormati kepada pendiri Hoa-san-pai. Di-peringati pasti akan memancing datang-nya kekeruhan. Di jaman yang keruh ini, setiap peristiwa memancing datangnya peristiwa lain yang selalu iriemusingkan. Beng San, pinto mempunyai firasat bahwa dalam perayaan sepekan kemudian ini pasti akan terjadi hal-hal yang tidak enak. Pertentangan antara kami dan Kun-lun-pai makin menjadi-jadi, makin diperpanas oleh para anak murid kedua fihak. Aku mendengar desas-desus bahwa Pek Gan Siansu sendiri akan datang. Baik sekali demikian, kami orang-orang tua tentu akan dapat membikin perhitungan secara damai. Kau seorang anak yang mendalam pengertianmu, Beng San. Pinto girang sekali kau datang, kau tinggallah di sini dan kau menjadi saksi dari usaha kami orang-orang tua mencari jalan damai. Dengan hadirmu di sini, pinto merasa lebih tenang."



 



Beng San merasa heran sekali. Apa | gerangan yang mendatangkan perasaan ini | dalam hati Lian Bu Tojin? la merasa bangga dan juga berterima kasih sekali, maka tanpa ragu-ragu dia berkata, "To-tiang, percayalah, teecu yang bodoh pasti akan membantu dan menyokong pendirian Totiang yang mulia ini”.



 



"Beng San, apakah kau sudah me-warisi kepandaian Lo-tong Souw Lee?" pertanyaan ini tiba-tiba diajukan dan ketika Beng San mendongak, ia terkejut sekali melihat sepasang mata tua itu mencorong dengan tajamnya memandangnya penuh selidik. Celaka, pikirnya. la hendak menyembunyikan kepandaiannya, dan dia pun tidak mungkin dapat ber-bohong kepada kakek ini.



 



"Semenjak kecil teecu amat suka mempelajari filsafat dan kiranya selama teecu berkumpul dengan Lo-tong Souw Lee, semua petuah dan wejangan orang tua itu telah teecu pelajari dengan baik". Jawabannya menyimpang dan dia ber-pura-pura tidak tahu menahu tentang maksud pertanyaan tadi yang tentu saja dimaksudkan pelajaran ilmu silat



 



"Kau tidak mempelajari ilmu silat?" Sifat pertanyaan ini menggirangkan hati Beng San. la tak usah berbohong lagi sekarang.



 



"Teecu pernah mempelajari satu dua macam pukulan, akan tetapi tidak pa'itas disebut-sebut di depan Totiang."



 



Kakek itu menarik napas panjang. "Kau benar. Ilmu silat tidak patut di-bicarakan, karena hanya mendatangkan keributan belaka. Andaikata Hoa-san-pai dahulu tidak mengembangkan ilmu silat, kiranya sampai sekarang pun Hoa-san-pai takkan mempunyai musuh."



 



Mulai hari itu, Beng San diperkenan-kan tinggal di Hoa-san, malah mendapat kehormatan, untuk, tinggal satu rumah de-



 



ngan Lian Bu Tojin. Kakek ini amat suka bercakap-cakap dengan Beng San yang Juga amat rajin tidak melupakan pekerjaannya yang dahulu, yaitu dia dengan tekun membersihkan tempat tinggal ka-kek itu, melayani segala keperluan Lian Bu Tojin. Pada suatu hari Lian Bu Tojin yang melihat Beng San mencuci lantai rumahnya, menarik napas panjang, mengelus-elus jenggotnya dan berkata.



 



"Sayang kau tidak suka ilmu sitat, Beng San. Kalau kau suka, pinto tentu akan .merasa senang dan lega sekali me-narik kau menjadi niurid pinto. Kau me-menuhi syarat-syarat untuk menjadi mu-'rid terbaik, kau mengenal bakti, mengenal pribudi, mengenal kesetiaan dan wawasanmu tepat, pandanganmu jauh dan luas. Pinto benar-benar mengharapkan bantuanmu dalam menghadapi percobaan beberapa hari yang akan datang ini. Kira-nya pandanganmu dan kata-katamu akan dapat membantu banyak untuk meredakan ketegangan.



 



"Akan teecu coba sekuat tenaga teecu, Totiang," demikian jawaban Beng San, jawaban yang keluar dari lubuk hatinya.



 



Sementara itu, sikap Thio Ki dan Kul Lok masih angkuh sekali terhadap Beng San. Kwa Hong dan Thio Bwee bersikap manis, akan tetapi juga kelihatan me-mandang rendah. Tentu hal ini karena mereka berempat merasa menjadi murid-murid Hoa-san-pai yang memiliki ilmu silat tinggi, sedangkan Beng San itu pe-muda apakah? Lemah dan "hanya pandai membersihkan lantai" kata Thio Ki. Ma-lah Kui Lok pernah menyatakan kekha-watirannya bahwa Beng San yang pandai menjilat-jilat itu akan membujuk Lian Bu Tojin untuk menurunkan ilmunya.



 



"Ha-ha-ha, andaikata dia pandai menjilat dan berhasil membujuk, tanpa me-miliki dasar ilmu silat, mana dia bisa berlatih?"



Kadang-kadang kalau Beng San berada di taman, empat orang murid Hoa-san-pai ini berlatih silat dengan sungguh-sungguh. Memang hebat ilmu pecang mereka, masing-masing memiliki gaya tersendiri dan memiliki keampuhan sendiri. Agaknya mereka sengaja memamer-kan kepandaian mereka di depan Beng San dan pemuda ini cukup cerdik untuk memperlihatkan muka kagum. Malah pada suatu hari, setelah melihat Thio Ki dan Kui Lok bermain pedang, dia berkata.



 



"Aduh..... aduh, sampai silau mataku, pening kepalaku..... hebat sekali tarian pedang saudara Thio c!an saudara Kui! Hebat, seperti kilat menyambar-nyambar!"



 



Thio Ki dan Kui Lok girang juga mendengar pujian ini. Biarpun mereka kadang-kadang masih merasa iri hati dan cemburu melihat sikap Kwa Hong yang manis terhadap Beng San, namun mereka tidak berani memukuli lagi karena Kwa Hong mengancam demikian.



 



"Kalau kalian berani mengganggu Beng San, aku akan rnelaporkan kepada sukong. Kalian tahu, sukong amat sayang kepadanya!"



 



Bangunan darurat yang didirikan oleh para tosu Hoa-san-pai sudah hampir se-lesai. Waktu yang ditentukan kurang dua hari lagi. Beng San sela.lu turun tangan membantu para tosu sehingga para tosu juga merasa suka kepada pemuda yang sopan, merendah dan ringan tangan ini. Sore hari itu sebelum gelap bulan sudah muncul, merupakan bola merah yang amat besar dan indah. Beng San baru saja mandi setelah sehari sibuk mem» bantu para tosu menghias halaman depan.



 



"Beng San, kenapa kau sembunyi sa-ja?" tiba-tiba dia mendengar suara.



 



Ternyata Kwa Hong yang datang, lalu gadis ini bisik-bisik, "Di mana sukong?" Gadis ini memang paling takut terhadap Lian Bu Tojin.



 



"Totiang berada di dalam, seefeiwg siulian," bisik Beng San kembali.



 



Kwa Hong menaruh jari di depan bibir, lalu memberi isyarat supaya Beng San keluar. Setibanya di luar ia berkata, "Beng San, semenjak datang kau sibuk dengan sukong atau dengan para supek menghias puncak. Kau sama sekali tidak peduli kepadaku. Kenapa?"



 



Beng San tersenyum. la menatap wa-jah yang hebat itu, wajah yang sekarang agak cemberut memandang kepadanya, sepasang mata yang bening bercahaya memandang penuh selidik.



 



"Nona Hong....."



 



"Apa itu nona-nonaan segala? Sudah kukatakan beberapa kali, aku memanggil kau Beng San saja, kau pun tidak boleh pakai nona-nonaan segala macam!"



 



"Habis, bagaimana?"

Comments

Popular posts from this blog

Cerita Silat Indonesia Download

Silahkan download Cerita Halaman ke 1 Serial Putri Hatum dan Kaisar Putri Harum dan Kaisar Jilid 1 Putri Harum dan Kaisar Jilid 2 dan 3 Putri Harum dan Kaisar Jilid 4 dan 5 Putri Harum dan Kaisar Jilid 6 dan 7 Putri Harum dan Kaisar Jilid 8 dan 9 Putri Harum dan Kaisar Jilid 10 dan 11 Putri Harum dan Kaisar Jilid 12 dan 13 Putri Harum dan Kaisar Jilid 14 dan 15 Putri Harum dan Kaisar Jilid 16 dan 17 Putri Harum dan Kaisar Jilid 18 dan 19 Putri Harum dan Kaisar Jilid 20 dan 21 Putri Harum dan Kaisar Jilid 22 dan 23 Putri Harum dan Kaisar Jilid 24 dan 25 Putri Harum dan Kaisar Jilid 26 dan 27 Putri Harum dan Kaisar Jilid 28 dan 29 Putri Harum dan Kaisar Jilid 30 dan 31 Putri Harum dan Kaisar Jilid 32 dan 33 Putri Harum dan Kaisar Jilid 34 dan 35 Putri Harum dan Kaisar Jilid 36 dan 37 Serial Pedang Kayu Harum Lengkap PedangKayuHarum.txt PKH02-Petualang_Asmara.pdf PKH03-DewiMaut.pdf PKH04-PendekarLembahNaga.pdf PKH05-PendekarSadis.pdf PKH06-HartaKarunJenghisKhan.pdf PKH07-SilumanGoaTengkor

Pendekar Buta 3 -> karya : kho ping hoo

Pada saat rombongan lima belas orang anggauta Kui-houw-pang itu lari mengejarnya, Kun Hong tengah berjalan perlahan-lahan menuruni puncak sambil berdendang dengan sajak ciptaannya sendiri yang memuji-muji tentang keindahan alam, tentang burung-burung, bunga, kupu-kupu dan anak sungai. Tiba-tiba dia miringkan kepala tanpa menghentikan nyanyiannya. Telinganya yang kini menggantikan pekerjaan kedua matanya dalam banyak hal, telah dapat menangkap derap kaki orang-orang yang mengejarnya dari belakang. Karena penggunaan telinga sebagai pengganti mata inilah yang menyebabkan dia mempunyai kebiasaan agak memiringkan kepalanya kalau telinganya memperhatikan sesuatu. Dia terus berjalan, terus menyanyi tanpa menghiraukan orang-orang yang makin mendekat dari belakang itu. "Hee, tuan muda yang buta, berhenti dulu!" Hek-twa-to berteriak, kini dia menggunakan sebutan tuan muda, tidak berani lagi memaki-maki karena dia amat berterima kasih kepada pemuda buta ini. Kun Hong menghentikan langka

Jaka Lola 21 -> karya : kho ping hoo

Sementara itu, Ouwyang Lam dan Siu Bi tertawa-tawa di pulau setelah berhasil nnelernparkan kedua orang tosu ke dalam air. "Jangan ganggu, biarkan mereka pergi!" teriak Ouwyang Lam kepada para anggauta Ang-hwa-pai sehingga beberapa orang yang tadinya sudah berinaksud melepas anak panah,terpaksa membatal-kan niatnya.. Siu Bi juga merasa gembira. Ia Sudah membuktikan bahwa ia suka membantu Ang-hwa-pai dan sikap Ouwyang Lam benar-benar menarik hatinya. Pemuda ini sudah pula membuktikan kelihaiannya, maka tentu dapat menjadi teman yang baik dan berguna dalam mepghadapi mu-suh besarnya. "Adik Siu Bi, bagarmana kalau kita berperahu mengelilingi pulauku yang in-dah ini? Akan kuperlihatkan kepadamu keindahan pulau dipandang dari telaga, dan ada taman-taman air di sebelah selatan sana. Mari!" Siu Bi mengangguk dan mengikuti Ouwyang Lam yang berlari-larian meng-hampiri sebuah perahu kecil yang berada di sebelah kiri, diikat pada sebatang pohon. Bagaikan dua orang anak-anak sed