Skip to main content

Pemrograman WEB

Di dalam membuat sebuah halaman web kita akan berkenalan dengan beberapa macam bentuk script atau boleh di bilang suatu bahasa pemrograman web. Tetapi tang harus di pelajari terlebih dahulu adalah HTML. dengan alasan bahwa HTML adalah dasar di dalam pembuatan suatu halaman web. Script apapun yang akan kita pergunakan pasti kita tidak akan lepas dari script HTML.



Apa yangperlu kita ketahui dari HTML?.

HTML adalah merupakan kependekan dari Hypertext Markup Language. HTML ini adalah suatu bahasa penandaan yang di pergunakan pada sebuah halaman WEB. Di sini yang harus kita ingat bahwa di dalam membuat sebuah halaman web kita bisa tidak menggunakan script HTML, itupun pasti juga akan terbaca pada halaman browser.Coba ketikkan sebarang kalimat pada notepad dan simpan hasilnya dengan coba.html. dan hasilnya adalah apapun yang kita ketikkan pada editor notepad tampil semua pada halaman browser



Kalau di lihat dari kasus di atas, apa gunanya script HTML?. Kita kembali pada kepanjangan dari HTML, HTML ini adalah sebuah bahasa atau script penandaan halaman WEB. di dalam penulisan script HTML misalkan dalam document kita memberikan perintah pindah baris (enter) sebanyak 10 kali tidak akan berpengaruh pada script, dalam hal ini pindah baris tidak akan di baca oleh script HTML kecuali kita memberikan perintah untuk melakukan pindah baris. Begitu juga jika kita memberikan spasi sebanyak 10 kali makan yang akan di baca oleh script HTML hanya 1 kali saja... dan banyak lagi alasan mengapa kita menggunakan script HTML.



Di dalam setiap perintah script HTML akan di awali dengan tanda lebih kecil < dan di akhiri dengan tanda lebih besar > yang di sebut sebagai tag. penulisan perintah atau tag HTML ini tidak mengenal huruf besar dan huruf kecil, semua akan di baca atau bahasa dari sananya bukan sensitive case.Di beberapa tag HTML kadang ada beberapa tag yang saling berpasangan yaitu sebagai pembuka dan penutup di sini saya contohkan tag table untuk pembuka dan penutup
.



Apakan cukup dengan menggunakan HTML saja?

Pada saat ini sebuah aplikasi dengan menggunakan web sudah umum di pergunakan dimana dengan aplikasi tersebut di harapkan program kita akan berinteraksi dengan user atau pemakai. untuk membuat aplikasi seperti ini tidak mungkin kita hanya menggunakan script HTML saja.



Di lihat dari bentuk tampilan sebuah halaman web dapat di bagi menjadi 2 macam yaitu halaman web statis dan halaman web dinamis. di dalam penggunaanya halaman web statis hanya menampilkan informasi saja tanpa adanya interaksi dengan pemakai, begitu juga informasi yang di tampilkan pun tidak akan berubah sampai kapanpun kecuali progoramer mengubah informasi halaman web tersebut. lain dengan halaman web dinamis, informasi yang ada di dalamnya akan update karena akan terhubung dengan database tanpa seorang programer mengubah program yang ada di dalamnya.begitu juga untuk interaksi dengan user, halaman yang bersifat dinamis ini adalah merupakan sebuah pilihan yang paling baik.



untuk membuat sebuah halaman web dinamis kita tidak cukup hanya membuatnya dengan script HTML saja. di sini kita memerlukan bentuk script yang lain yang harus kita sesuaikan dengan kondisi yang kita inginkan dalam aplikasi sebuah program. dari sini di lihat dari pemrosesan data ada dua macam bahasa pemrograman berbasis web. yang pertama adalah behasa pemrograman berbasis client side dan yang kedua adalah bahasa pemrograman berbasis server side. dalam pemrograman yang berbasis client side semua proses akan di olah dulu pada posisi client dan hasilnya baru di kirimkan ke server. macam-macam bahasa yang berbasis client side ini adalah VBScript, Javascript dll. sedangkan untuk yang server side semua masukan yang di dapat dari komputer client akan langsung di kirimkan ke server tanpa di proses yang selanjutnya akan di olah pada komputer server. macam-macam bahasa pemrograman yang berbasis server side ini adalah seperti PHP, ASP, JSP dll.

Comments

Popular posts from this blog

Cerita Silat Indonesia Download

Jaka Lola 19 -> karya : kho ping hoo

Ang-hwa Nio-nio girang melihat hasil bujuk dan kata-kata halus muridnya, maka kini ia yang rnemberi penjelasan, "Siu Bi, agaknya kakek dan ayahmu tidak memberi penuturan yang lengkap kepada-mu. Ketahuilah bahwa belasan tahun yang lalu sebelum kau teriahir, ayahmu merupakan musuh besar Pendekar Buta, dan karena ayahmu tidak dapat menangkan musuhnya maka kakekmu Hek Lojin datang membantu. Akan tetapi ter-nyata kakekmu juga kalah, malah di-buntungi lengannya. Adapun aku sendiri, bersama dua orang adik perempuanku, juga memusuhi Pendekar Buta untuk membalas dendam suci (kakak seperguruan) kami, akan tetapi dalam pertempur-an itu, kedua orang adikku tewas, hanya aku seorang yang berhasil meriyelamat-kan diri. Karena itulah, aku bersumpah untuk membalas dendam atas kematian saudara-saudaraku dan juga atas kekalah-an para kawan segolonganku, termasuk ayahmu dan kakekmu. Dengan demikian, bukankah kita ini orang sendiri dan se-golongan?"

Siu Bi diam-diani terkejut sekali. Tak disangka…

Jaka Lola 23 -> karya : kho ping hoo

"Bocah setan, lari ke mana engkau?" Ang-hwa Nio-nio berrseru, kemudian me-noleh kepada Siu Bi dan Ouwyang Lam berkata, "Kejar, ia dan ayahnya adalah sekutu musuh besar kita. Pendekar Buta!" Mendengar seruan ini, Ouwyang Lam dan Siu Bi cepat berkelebat melakukan pengejaran di belakang Ang-hwa Nio-nio. Juga para pembantu pengurus Ang-hwa-pai beramai-ramai ikut mengejar. Tentu saja Ang-hwa Nio-nio, Ouwyang Lam dan Siu Bi yang paling cepat gerak-annya sehingga para pembantu itu ter-tinggal jauh. Ternyata Cui Sian memiliki ginkang yang hebat, larinya cepat seperti kijang. Akan tetapi karena ia tidak me-ngenal tempat itu, tanpa ia ketahui ia telah lari ke daerah karang. Melihat ini, Ang-hwa Nio-nio dan Ouwyang Lam tertawa dan sengaja tidak mempercepat larinya, hanya mengejar dari belakang. Siu Bi merasa heran, akan tetapi segera ia melihat kenyataan dan me-ngetahui persoalannya. Wajahnya seketika berubah pucat. Gadis yang dikejar itu telah lari memasuki sarang ular hijau…