Skip to main content

Materi Pemrograman WEB pertemuan 2

Pengenalan HTML dan JavaScript

Dalam pemrograman untuk web kita tidak mungkin lepas dari script yang bernama HTML (Hypertext Markup Language). HTML ini adalah merupakan suatu bahasa penandaan yang di pergunakan browser dalam menampilkan sebuah informasi pada halaman web. Sedangkan Javascript adalah sebuah bahasa program yang berada pada sisi crient yang di pergunakan untuk melakukan dinamisasi tampilan halaman sebuah web.

3.1 HTML dasar

Di dalam Penulisan script HTML di apit dengan tanda lebih kecil (<) dan tanda lebih besar (>) yang di sebut dengan tag dan hampir setiap script HTML kebanyakan akan saling berpasangan-pasangan atau dengan kata lain ada perintah untuk pembukan dan ada penutup. Pada penulisan informasi pada halaman web kita dapat menggunakan editor apapun mulai dari notepad pada windows, gedit pada linux ataupun editor yang lain.

Penulisan HTML pada intinya dapat di bagi menjadi dua bagaian yaitu bagaian header yang di pergunakan untuk menangani informasi informasi bawaan dari halaman web dan bagaian body yang di pergunakan untuk menampilkan informasi yang akan di tampilkan dalam halam web. Bentuk penulisan dari script HTML dapat di lihat pada latihan 1.

Latihan 1a (HTML-Dasar)

<html>

<head>

<title> Latihan 1 HTML </title>

</head>

<body>

</body>

</html>


Latihan 1b (HTML-Dasar)

<html>

<head>

<title> Latihan 1 HTML </title>

</head>

<body>

Latihan 1 HTML

</body>

</html>


Pada latihan 1a di atas jika di jalankan akan menghasilkan informasi kosong atau tidak berisi apa-apa tetapi header yang tertulis pada layar browser akan berisi “ Latihan 1 HTML”. Sedang pada latihan 1b kondisi header sama dengan latihan 1a tetapi pada halaman browser akan muncul kata “Latihan 1 HTML”.


Latihan 2 (HTML-Properti)

<html>

<head>

<title> Judul Halaman </title>

</head>

<body text='white' bgcolor='red'>

ini adalah isian properti di dalam body

</body>

</html>


pada latihan 2 di sini kita akan membahas properti-properti yang ada pada body. Sebagai contoh pada latihan dua tersebut kami menampilkan background merah (bgcolor='red') pada halaman HTML dan mengubah warna tulisan menjadi putih (text='white'). Dan untuk properti yang lain pada tag body ini silahkan lihat tabel di bawah ini.




















NoNama propertiFungsi
1ALINKMenyatakan warna dari link yang sedang aktif
2BACKGROUNDMenyatakan file gambar yang digunakan sebagai latar belakang
3BGCOLORMenyatakan warna yang digunakan sebagai latar belakang
4BGPROPERTIESJika di set fixed, membuat suatu watermark yaitu background tetap
5LEFTMARGINMengatur margin kiri dari isi dokumen dengan ukuran pixel
6LINKwarna dari link yang belum pernah dikunjungi
7TEXTMengatur warna teks dokumen web
8TOPMARGINMengatur margin atas dari isi dokumen dengan ukuran pixel
9VLINK Warna link yang pernah dikunjungi


Latihan 3 (HTML-Hn,Br,P)

<html>

<head>

<title> Judul Halaman </title>

</head>

<body>

ini adalah untuk judul

<h1> Judul 1 </h1>

<h2> Judul 2 </h2>

<h3> Judul 3 </h3>

<h4> Judul 4 </h4>

<h5> Judul 5 </h5>

<h6> Judul 6 </h6>

ini adalah halaman 1 <br> dan ini ada di baris ke 2


<p> ini adalah sebuah paragrap </p>

</body>

</html>


Pada latihan ke tiga ini kita akan membahas tag header. Tag ini di pergunakan untuk memberikan sebuah informasi header atau judul sebuah document dimana tag <h> ini memiliki tingkatan sampai dengan 6 (<h1> sampai dengan <h6>) diman tiap tingkatan memiliki besar huruf yang berbeda. Sedang tag yang kedua yang kita bahas pada latihan 3 ini adalah tag <br> yang berfungsi untuk ganti baris yang baru pada sebuah halaman web. Untuk kita ketahui bahwa sewaktu kita menuliskan script HTML, apabila kita membuat sebuah informasi atau document HTML berapapun enter (untuk ganti garis yang baru) yang kita lakukan tidak akan di hitung. Dan tag yang ke tiga yang kita bahas pada latihan 3 ini adalah tag <p> yang di pergunakan untuk membuat sebuah paragrap pada sebuah dokumen atau informasi yang kita buat.


Latihan 4 (HTML-table)

<html>

<head>

<title> Judul Halaman </title>

</head>

<body>

ini adalah table


<table>

<tr>

<td>nama</td><td>alamat</td>

</tr>

<tr>

<td>ali</td><td>sidoarjo</td>

</tr>

<tr>

<td>jamal</td><td>sidoarjo</td>

</tr>

<tr>

<td>muksin</td><td>sidoarjo</td>

</tr>


</table>

</body>

</html>


pada latihan 4 ini kita membahas sebuah tabel. Dimana untuk membuat sebuah tabel kita memerlukan tag <table> dan di tutup dengan tag </table>, di dalam tag <table> ini di dalamnya di gunakan tag <tr> untuk membuat sebuah baris dan tag <td> untuk membuat sebuah colom.


Latihan 5 (HTML-pre, center)

<html>

<head>

<title> Judul Halaman </title>

</head>

<body>

<center>

ini ada di tengah halaman

</center>

ini di buat dengan tanpa pre

nama : ali

Alamat : sidoarjo


<pre>

ini di buat dengan pre bandingkan dengan yang di atas

nama : ali

Alamat : sidoarjo

</pre>

</body>

</html>


pada latihan ke 5 ini kita membahas tag <center dan tag <pre> dimana fungsi dati tag <center> adalah di pergunakan untuk membuat align center atau memposisikan data atau informasi kita berada di tengah, sedangkan tag <pre> di pergunakan untuk mengabaikan kondisi halaman sebuah web (seperti enter, spasi dll) sehingga tampilan kita sama dengan sewaktu kita merancang halaman web tersebut.


1.

Form

Form di dalam sebuah program memiliki kedudukan yang sangat penting, dengan adanya sebuah form maka seorang user dapat saling berinteraksi dengan aplikasi yang kita buat. Meski pada dasarnya dalam program HTML ini sebuah form dalam pengelolaanya memerlukan bahasa pemrograman yang lain sebagai pengelola informasi yang di inputkan padanya.

Latihan 6a (HTML-form1)

<html>

<head>

<title> Judul Halaman </title>

</head>

<body>

ini adalah halaman form 1


<form method=post name=form1 action=form2>

nama :<input type=text nama=txtnama>

password :<input type=password name=txtpassword>

jenis kelamain :<br>

<input type=radio name=radiogroup1 value=laki-laki> laki-laki

<input type=radio name=radiogroup1 value=perempuan> Perempuan

hoby :<br>

<input type=checkbox name=checkbox1 value=makan> makan

<input type=checkbox name=checkbox1 value=baca> baca

<input type=checkbox name=checkbox1 value=tidur> tidur

alamat : <br>

<textarea name=txtalamat> </textarea>

list :

<select name=seleksi>

<option value=1> satu </option>

<option value=2> dua </option>

</select>

<input type=submit name=setuju value=ok>

<input type=button name=tombol value=bebas>

<input type=reset name=kosong value=blank>

</form>


</body>

</html>


Latihan 6b (HTML-form2-sekilasPHP)

<html>

<head>

<title> Judul Halaman </title>

</head>

<body>

ini adalah halaman ke dua

<?php

$nama = $_post[txtnama];

$jenis = $_post[radiogroup1];

$alamat = $_post[txtalamat];

echo "nama : $nama";

echo "jenis Kelamin : $jenis";

echo "Alamat : $alamat";

?>

</body>

</html>


Pada latihan 6 ini kita membahas materi form. Dalam tag form terdapat properti yang harus kita gunakan agar kita dapat berhubungan dengan file-file yang di pergunakan untuk mengelola input yang kita masukkan di dalam tag <form> yang di ambil tag <input>. Properti minimal yang kita pergunakan adalah name, method dan action.

Properti “name” di pergunakan untuk mendefinikan nama dari form yang kita buat yang di pergunakan untuk membedakan antara sebuah form dengan form yang lain. Properti method kita pergunakan untuk mendefinisikan metode pengiriman data yang kita lakukan, pada method ini ada 2 macam metode pengiriman yang kita pergunakan yaitu metode “post” dan “get”. Kemudian properti action yang di pergunakan untuk mendefinisikan file yang selanjutnya untuk mengelola hasil dari file input tersebut.

Comments

Popular posts from this blog

Cerita Silat Indonesia Download

Silahkan download Cerita Halaman ke 1 Serial Putri Hatum dan Kaisar Putri Harum dan Kaisar Jilid 1 Putri Harum dan Kaisar Jilid 2 dan 3 Putri Harum dan Kaisar Jilid 4 dan 5 Putri Harum dan Kaisar Jilid 6 dan 7 Putri Harum dan Kaisar Jilid 8 dan 9 Putri Harum dan Kaisar Jilid 10 dan 11 Putri Harum dan Kaisar Jilid 12 dan 13 Putri Harum dan Kaisar Jilid 14 dan 15 Putri Harum dan Kaisar Jilid 16 dan 17 Putri Harum dan Kaisar Jilid 18 dan 19 Putri Harum dan Kaisar Jilid 20 dan 21 Putri Harum dan Kaisar Jilid 22 dan 23 Putri Harum dan Kaisar Jilid 24 dan 25 Putri Harum dan Kaisar Jilid 26 dan 27 Putri Harum dan Kaisar Jilid 28 dan 29 Putri Harum dan Kaisar Jilid 30 dan 31 Putri Harum dan Kaisar Jilid 32 dan 33 Putri Harum dan Kaisar Jilid 34 dan 35 Putri Harum dan Kaisar Jilid 36 dan 37 Serial Pedang Kayu Harum Lengkap PedangKayuHarum.txt PKH02-Petualang_Asmara.pdf PKH03-DewiMaut.pdf PKH04-PendekarLembahNaga.pdf PKH05-PendekarSadis.pdf PKH06-HartaKarunJenghisKhan.pdf PKH07-SilumanGoaTengkor

Pendekar Buta 3 -> karya : kho ping hoo

Pada saat rombongan lima belas orang anggauta Kui-houw-pang itu lari mengejarnya, Kun Hong tengah berjalan perlahan-lahan menuruni puncak sambil berdendang dengan sajak ciptaannya sendiri yang memuji-muji tentang keindahan alam, tentang burung-burung, bunga, kupu-kupu dan anak sungai. Tiba-tiba dia miringkan kepala tanpa menghentikan nyanyiannya. Telinganya yang kini menggantikan pekerjaan kedua matanya dalam banyak hal, telah dapat menangkap derap kaki orang-orang yang mengejarnya dari belakang. Karena penggunaan telinga sebagai pengganti mata inilah yang menyebabkan dia mempunyai kebiasaan agak memiringkan kepalanya kalau telinganya memperhatikan sesuatu. Dia terus berjalan, terus menyanyi tanpa menghiraukan orang-orang yang makin mendekat dari belakang itu. "Hee, tuan muda yang buta, berhenti dulu!" Hek-twa-to berteriak, kini dia menggunakan sebutan tuan muda, tidak berani lagi memaki-maki karena dia amat berterima kasih kepada pemuda buta ini. Kun Hong menghentikan langka

Jaka Lola 21 -> karya : kho ping hoo

Sementara itu, Ouwyang Lam dan Siu Bi tertawa-tawa di pulau setelah berhasil nnelernparkan kedua orang tosu ke dalam air. "Jangan ganggu, biarkan mereka pergi!" teriak Ouwyang Lam kepada para anggauta Ang-hwa-pai sehingga beberapa orang yang tadinya sudah berinaksud melepas anak panah,terpaksa membatal-kan niatnya.. Siu Bi juga merasa gembira. Ia Sudah membuktikan bahwa ia suka membantu Ang-hwa-pai dan sikap Ouwyang Lam benar-benar menarik hatinya. Pemuda ini sudah pula membuktikan kelihaiannya, maka tentu dapat menjadi teman yang baik dan berguna dalam mepghadapi mu-suh besarnya. "Adik Siu Bi, bagarmana kalau kita berperahu mengelilingi pulauku yang in-dah ini? Akan kuperlihatkan kepadamu keindahan pulau dipandang dari telaga, dan ada taman-taman air di sebelah selatan sana. Mari!" Siu Bi mengangguk dan mengikuti Ouwyang Lam yang berlari-larian meng-hampiri sebuah perahu kecil yang berada di sebelah kiri, diikat pada sebatang pohon. Bagaikan dua orang anak-anak sed